Terbentur, Terbentur, Terbentuk.

23:28:00 0 Comments A+ a-

"Terbentur, Terbentur, Terbentuk" -Tan Malaka
Sebuah kalimat yang saya suka dari Tan Malaka. Kata tersebut bisa mewakili saya yang sekarang dan mungkin beberapa orang diluar sana.

Dokumentasi pssi.org
Dokumentasi pssi.org

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi Pribadi

  Tahun 2014 silam, saya menjadi orang yang "beruntung" dari 32 orang yang terpilih setelah melalui tahap test tulis dan inteview di Kantor PSSI  (saat itu) di Pintu X SUGBK, Jakarta. PSSI Members Development Programme, niat yang baik dari PSSI untuk melakukan pengembangan dalam sepakbola dan mendapatkan database (Klub, Pemain, Wasit, Perangkat Pertandingan) di setiap provinsinya. 
  Sayang, program itu gagal ditengah jalan. Hanya sebagian orang yang diberangkatkan menuju provinsi di Indonesia untuk mendapatkan database tersebut.  
Force Majeure. Ya, Kemenpora dan pemerintah di tahun itu "membekukan" PSSI. 
Kontrak kerja yang telah disiapkan dan Harapan dari stakeholder sepakbola sirna begitu saja. Rupanya "beruntung" hanya mencapai training saja.
Entah bagaimana kelanjutan program ini, semoga selalu dijalan yang baik. 

  Tiga tahun berselang, PSSI menggelar kongres luar biasa di Hotel Aryaduta, Bandung.  
Saya dengan niat baik ingin bertemu JD untuk menanyakan perihal kontrak kerja yang sudah ditanda-tangani di atas materai. Lumayan euy kerja 2 minggu dapet akomodasi, dapet gaji UMR Karawang. 
Dokumentasi Pribadi
  Namun, niat baik tidak selamanya berjalan baik. Saya dilarang bertemu JD saat itu. Saya kurang beruntung untuk kesekian kalinya. Dan pulang tidak membawa kabar baik. 

  Tuhan memang punya rencana yang lebih baik. Tahun 2019 saya membuat akun media partner untuk event futsal yang bernama @nutmegfutsal . 
AFP Jawa Barat adalah event pertama saya untuk meliput saat itu. 
Kemudian beberapa event lain juga membuat @nutmegfutsal semakin berkembang dan dikenal banyak orang. 
Saya bertemu orang-orang hebat selama menjadi media partner
Banyak hal-hal baru dan pelajaran yang saya dapatkan. 
Saya berhasil masuk sistem olahraga yang saya suka waktu kecil. Walaupun tidak menjadi pemain, saya bangga bisa menjadi bagian di dalam futsal atau sepakbola. 
Saya dilantik dan dikukuhkan menjadi Manager Promosi dan Komunikasi Bidang Bisnis Development Asosiasi Futsal Provinsi Jawa Barat 2019-2023, di Hotel Horison, Bandung (11/1).

Dokumentasi AFP Jawa Barat

Dokumentasi AFP Jawa Barat

Dokumentasi AFP Jawa Barat

  Terimakasih atas semua doa dan dukungan kalian. Saya tidak bisa mencapai sekarang kalau tidak mengalami "terbentur".
Semoga kalian yang sedang "terbentur" bisa cepat "terbentuk"
Semoga apa yang diharapkan semua stakeholder Futsal bisa tercapai.
Semoga dengan niat yang baik dari saya bisa membawa Futsal Jawa Barat menjadi lebih baik (lagi). 
Aamiin.







Comedian Football!